Senin, 30 Maret 2015

Merakit CPU


LANGKAH-LANGKAH MERAKIT CPU


Panduan kali ini terdiri dari 7 Langkah Mudah, untuk merakit komputer/PC dari awal hingga Komputer/PC bisa digunakan, saya dapat mengikuti langkah demi langkah yang ada pada laporan kali ini.
saya dapat melewati langkah-langkah tertentu jika sayamemilih untuk tidak memasang/menginstal perangkat keras tersebut. Pada panduan kali ini, saya diasumsikan tidak memiliki pengetahuan sebelumnya dalam hal merakit komputer, dan diharapkan bisa menambah pengetahuan saya tentang komponen-komponen yang terdapat dalam komputer/PC dan Anda juga bisa merakit komputer sendiri.
Jika saya hanya ingin meng-upgrade komputer Anda atau mengganti salah satu komponen komputer saya, maka Anda bisa melewati langkah-langkah sebelumnya dan langsung membaca panduan yang sesuai dengan kebutuhan saya. Misalnya, jika saya hanya ingin mengganti Hardisk komputer saja, maka saya bisa langsung melihat panduan Bagaimana Cara Memasang Hardisk.
Berikut adalah langkah-langkah merakit komputer yang baik dan benar, jika saya merasa kesulitan dengan penjelasannya, Saya juga sertakan gambar untuk membantu memudahkan merakit komputer pribadi Anda.
Langkah 1
Pemasangan motherboard :
motherboard_vectorized
Pertama kali dalam tahap perakitan yaitu pemasangan Mother board, pasangkan Motherboard pada casing, dan pemasangan jumper harus sesuai.
Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.
Jika pembaca ingin merakit komputer sendiri, maka hendaknya meneliti terlebih dahulu sebelum membeli perangkat motherboard. Artinya, di sini Anda haruslah memperhatikan beberapa hal terkait pembelian perangkat keras motherboard, antara lain: jenis soket prosesor, frekuensi BUS, jumlah soket SATA dan PCI, jumlah soket RAM, serta yang terpenting adalah reputasi dan keandalan sebuah merek daripada perangkat keras motherboard yang akan dibeli.
Di Indonesia sendiri, telah tersebar luas cabang dari produsen kenamaan yang memproduksi motherboard. Persaingan ketat pun ditunjukkan para produsen guna menjadi leader dalam pasar perangkat keras motherboard. Seperti misalnya, merek produk yang kini tengah memiliki reputasi dan keandalan yang bagus antara lain: Gigabyte, Asus, Albatron, Aopen, Abit, ECS, Biostar, dan Jetway. Harga banderolan masing-masing merek pun memiliki varian yang cukup variatif. Begitu pula untuk sektor spesifikasinya.
Langkah 2
Pemasangan Prosessor:
mearkit-2
Saat memasang prosessor lihat tanda yang ada di atas prosesso dan yang ada pada prosesornya, jangan sampai prosessor terbalik (catatan Setiap edisi dan type prosesor akan berbeda, pastikan prosessor yang anda gunakan sesuai dengan Motherboard).
Fungsi processor dalam sebuah komputer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer. Pada umumnya fungsi sebuah processor adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi processor juga diibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati processor untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang diinginkan dari user. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas processor dari sebuah komputer.
Sistem operasi dari processor komputer atau CPU adalah sebuah sirkuit elektronik yang yang beroperasi dengan kecepatan tinggi dengan bantuan quartz crystal, dan ketika mengalami sebuah proses elektrik akan mengirimkan gelombang yang disebut peaks dan clock speed. Frekwensi clock umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem yang berarti kelipatan dari frekwensi motherboard. Oleh sebab itulah mengapa fungsi processor sangat penting terhadap performa dari komputer tersebut. Beberapa komputer bisa dilengkapi dengan processor yang sangat mumpuni dari pabrikannya, tapi Anda bisa juga mengupgrade nya jika dirasa itu perlu.
Langkah 3
Pemasangan Hietsink :
Memasang-Heitsink
Pada saat memasang hietsink kita harus perhatikan kaki kaki hietsink tersebut apakah sudah betul-betul masuk pada lobang yang telah ada pada motherboard.
Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard
LANGKAH 4
Pemasangan memory RAM :
sdsds
Saat memasang ram kita perhatikan letak kaki ram yang memiliki kaki sendiri pada slot ram.
Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM
  1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
  2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
  3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.
LANGKAH 5
PEMASANAGAN Power Supply :
Memasang-Power-Supply
Pasangkan Power suply pada casing, dan colokan suply listrik, pada motherboard, CD,hard drive.
LANGKAH 6
Pemasanagan harkdist :
hdd
Pada saat memasng hardisk kita perhatikan lubang lubang baut harus sesuai dengan lubang yang ada pada casing CPU tersebut.dan perhatikan hardisk nya jangan sampai terbalik.dan pasangkan kabel arus dari power suplay kepada hardisk. Dan hubungkan juga kabel SATA ke motherboard.
LANGKAH 7
pemasangan DVD ROOM
tfashg
Pada saat memasang dvd room berbeda dengan memasang hardisk kalau memasang dvd room melalui dari depan casing. Dan pasangkan kabel arus dari power suplay kepada dvd room.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar